cara mencegah bencana banjir

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - December 20, 2015
Cara mencegah bencana banjir - Bencana banjir seringkali melanda ketika musim hujan tiba, sehingga banjir menjadi tidak asing lagi bagi kita. Banjir mampu merusak lingkungan kita seperti tempat tinggal kita, perabotan yang ada, hingga dapat mengancam kesehatan maupun keselamatan kita. Namun yang menjadi penyebab banjir itu adalah karena ulah kita sendiri sebagai manusia yang sering merusak lingkungan dan kurang bisa menjaga lingkungan dan alam kita ini.
cara mencegah bencana banjir

Oleh sebab itu kita harus melakukan tindakan dan tidak hanya berdiam saja dengan keadaan seperti itu. Tentunya kita harus bekerja sama mengatasi masalah banjir bersama pemerintah yang telah berusaha menanggulangi banjir.Di bawah ini merupakan cara-cara untuk penanggulangan bencana banjir:
1. Memperbaiki dan membersihkan sungai maupun selokan agar air dapat mengalir dengan lancar. Jangan biarkan sungai dan selokan anda menjadi tempat pembuangan sampah dan tercemari karena sungai dan selokan merupakan aliran air yang sangat penting.
2. Melakukan penanaman pohon kembali atau disebut reboi sasi. Hal ini karena peranan pohon sangat baik sebagai penyerap air dan penyimpan air.
3. Hentikan pembangunan perumahan atau pemukiman di sekitar tepi sungai karena ini akan mempersempit sungai. Di samping itu kemungkinan juga sampah rumahan sekitar stepi sungai akan banyak yang masuk sungai
4. Berhenti membangun gedung-gedung tinggi dan besar, karena akan menyebabkan bumi ini akan semakin sulit menahan bebanya dan membuat permukaan tanah turun.
5. Jangan membiarkan pohon-pohon yang ada di hutan maupun di bantaran sungai di tebangi secara liar. Hal ini dikarenakan poho mempunyai peranan yang sangat penting untuk mencegah terjadinya banjir. Sebetulnya tidak ada larangan menebang pohon jika kita mau menanm kembali, yang dilarang itu membiarkan hutan menjadi gundul.
Dengan melakukan cara penanggulangan banjir tersebut kita dapat mencegah bencana banjir. Karena selama ini pemerintah pun telah bekerja keras untuk mencegah terjadinya banjir, tetapi semua masyarakat pun harus mendukung agar semua bisa teratasi dengan baik.
Dengan memahami dan melakukan tindakan penanggulangan banjir kita bisa mencegah terjadinya banjir. Sebetulnya pemerintah sudah berupaya untuk mencegah terjadinya bnjir, tetapi juga kita harus ikut berpartisi dalam mencegah banjir. Itulah informasi yang dapat kami berikan tentang cara mencegah bencana banjir.

Artikel Terkait